Tuesday, September 10, 2019

Bagian-bagian Mata dan Fungsinya

Tags

Bagian-bagian Mata dan Fungsinya - Hallo sahabat Suara Tak Berbunyi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bagian-bagian Mata dan Fungsinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sekolah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bagian-bagian Mata dan Fungsinya
link : Bagian-bagian Mata dan Fungsinya


Baca juga


Bagian-bagian Mata dan Fungsinya

Bagian-bagian Mata dan Fungsinya - Mata ialah indera penglihatan pada manusia yang keberadaannya dalam menunjang kehidupan manusia sangatlah penting. Jika tak ada mata pada manusia, pastinya manusia tidak akan bisa melihat indahnya dunia ini, takkan bisa membaca, memakan, berlari, dan lain sebagainya. Allah telah menciptakan manusia dengan bentuknya yang sempurna, selain ada mata yang berfungsi untuk melihat, ada juga telinga untuk mendengar, hidung untuk bernapas, kaki untuk berjalan, alis untuk menghindarkan mata dari benda asing dan keringan, serta masih banyak lagi bagian tubuh yang sangat penting selain mata.

Bagian-bagian mata cukup banyak, antara lain kornea, iris mata, retina, pupil, saraf optik, kelopak mata, otot mata, dan lain-lain yang setiap bagian mata mempunyai fungsi masing-masing. Seperti kornea yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada retina. Mata bisa melihat karena ada cahaya yang datang, Anda pernah merasakan bukan jika di tempat gelap yang tidak terdapat cahaya sedikitpun kita tak bisa melihat apa-apa? Ya, itulah cara agar mata dapat melihat, lalu bagaimana bagian-bagian mata dan fungsinya dapat bekerja dengan baik, silahkan baca ulasan lengkapnya dibawah ini.

Bagian Mata dan Fungsinya

Bagian Mata dan Fungsinya


1. Iris Mata - Iris adalah cincin otot yang terdapat di bagian tengah mata, yang membantu dalam mengatur jumlah cahaya yang memasuki mata dengan mengontrol ukuran pupil.

2. Pupil - Adalah sebuah lubang di tengah iris yang merupakan tempat dimana cahaya melewati dan jatuh pada lensa mata. Ukurannya sendiri dikontrol oleh iris.

3. Kornea - Kornea adalah jaringan transparan di depan mata di mana cahaya yang datang dari sebuah benda masuk ke mata. Hal ini juga membantu dalam memfokuskan cahaya pada retina.

4. Retina - Adalah bagian mata yang bertanggung jawab untuk mengubah cahaya yang jatuh di atasnya menjadi impuls listrik yang nantinya bisa dikirim ke otak. Retina mengandung sel fotoreseptor yang sangat sensitif terhadap cahaya atau disebut batang dan kerucut. Batang disini dapat membantu dalam visi hitam dan putih dan untuk melihat dalam cahaya yang redup, sedangkan kerucut berfungsi untuk membantu penglihatan pada siang hari dan warna.

5. Otot Siliari - Merupakan jaringan berbentuk cincin yang memegang dan mengontrol pergerakan lensa mata, dan karena itu, membantu dalam mengendalikan bentuk lensa.

6. Syaraf Optik - Adalah penerus rangsang cahaya dari retina ke otak. Saraf mata ataupun yang biasa di sebut dengan saraf optik ini memiliki fungsi untuk meneruskan sebuah rangsang cahaya hingga ke otak.

7. Kelopak Mata - Merupakan bagian mata yang membantu dalam perlindungan dan pelumasan mata manusia. Kelopak juga membantu mata untuk mengendalikan jumlah cahaya yang jatuh ke mata manusia.

8. Vitreus Humor - Ialah cairan bening yang mengisi rongga mata. Fungsinya ialah meneruskan cahaya dari lensa ke retina.

9. Lensa Mata - Membantu untuk memfokuskan cahaya di retina. Lensa mata juga bisa mengubah bentuknya sehingga memungkinkan manusia untuk dapat melihat objek yang berjarak dekat dan jauh.

10. Otot Mata - Adalah bagian mata yang bertanggung jawab di bagian atas dan bawah, serta gerakan kiri dan ke kanan mata.

Itulah beberapa Bagian Mata dan Fungsinya pada manusia, jika ditelaah lebih dalam memang sungguh menakjubkan apa yang ada pada mata kita, meskipun bentuknya kecil tetapi banyak bagian yang fungsinya sangat luar biasa agar mata dapat berfungsi secara normal. Jangan lupa membaca Makna Sumpah Pemuda untuk menambah pengetahuanmu.

Demikianlah Artikel Bagian-bagian Mata dan Fungsinya

Sekianlah artikel Bagian-bagian Mata dan Fungsinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bagian-bagian Mata dan Fungsinya dengan alamat link https://suaratakberbunyi.blogspot.com/2019/09/bagian-bagian-mata-dan-fungsinya.html

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon